• Kucing tidak mau makan atau kucing tidak selera makan bisa disebabkan karena kucing merasa bosan dengan makanan yang itu itu saja, atau bisa jadi kucing tersebut sakit, kucing yang sedang sakit biasanya selera makannya berkurang atau kucing tidak nafsu makan, untuk mengetahui gejala kucing sakit lainnya silahkan baca artikel mengenai “Ciri ciri Kucing Sakit“. Segeralah ambil tindakan apabila kucing anda tidak mau makan karena sangat berbahaya bagi kucing bila tidak makan satu hari saja. Jika secara ilmiah energi untuk berbagai proses fisiologi tubuh kucing tetap tersedia dari pembakaran lemak yang disimpan di jaringan tubuh. Namun proses pembakaran lemak ini akan menjadi energi pada tubuh kucing sangat tidak efisien. Karena ada semacam perubahan metabolisme pada kucing yang menyebabkan kerusakan jaringan organ hati yang disebut hepatik lipidosis.
    Jika kucing tidak mau makan karena sakit, segera konsultasikan atau bawa kedokter hewan terdekat, dan jika ternyata kondisi kucing tidak menunjukan gejala yang sangat parah maka tips berikut bisa dijadikan tindakan untuk mengatasi kucing tidak mau makan atau tidak selera makan.

    Kucing tidak mau makan
    Cara mengatasi kucing tidak mau makan atau tidak selera makan :
    1. Campur & ganti makanan
    Seperti halnya manusia, kucing pun bisa bosan terhadap makanan yang sama setiap hari. Hal ini bisa dicoba diatasi dengan memberikan makanan basah atau makanan kalengan yang memang memiliki aroma dan rasa yang lebih kuat. Bila kucing mau makan makanan basah tersebut, coba campurkan makanan kering dengan makanan basah. Makanan kalengan (basah) sebaiknya tidak diberikan setiap hari untuk jangka panjang karena selain nutrisinya tidak mencukupi juga dapat mempercepat pembentukan plak atau karang gigi.
    2. Pancing nafsu makan
    Coba sodorkan makanan (piring makanan) ke depan hidungnya atau masukkan sedikit makanan ke dalam mulutnya dan lihat apakah nafsu makannya terbangkitkan. Jika kucing menolak makanannya bisa lanjut ke cara yang ketiga.
    3. Menyuapi kucing
    Menyuapi kucing bisa dengan tangan, sendok kecil atau lebih mudah menggunakan syringe (spoit/suntikan) tanpa jarum (memang agak kasar). Suapi kucing sambil sesekali sodorkan makanan pada prirng makannya untuk melihat apakah kucing sudah mau makan sendiri. Makanan yang diberikan adalah makanan basah.
    Misalnya :
    * makanan kalengan
    * makanan kering yang direndam air hangat dahulu, kemudian setelah lunak dihancurkan dengan sendok atau blender
    * campuran makanan kalengan dengan makanan kering yang sudah dihancurkanHati-hati bila menyuapi dengan menggunakan syringe. Pegang kepala atau telinga kucing, masukkan syringe berisi makanan cair dari samping (ujung samping mulut), tekan syringe pelan-pelan agar kucing bisa mengunyah dan menelan makanan dengan baik. Syringe berisi makanan jangan disemprotkan kedalam mulut kucing karena bisa menyebabkan kucing tersedak makanan.
    4. Beri vitamin & perangsang nafsu makan
    Beli suplemen & vitamin ini di apotik terdekat. Biasanya lisin dan B kompleks banyak tersedia sebagai suplemen untuk anak-anak, seperti Biolysin® Syrup, Lysmin ® (mengandung lisin & B kompleks), Becombion® syrup (B kompleks).
    5. Tube feeding
    Tube feeding adalah pemberian makan langsung ke dalam perut melalui selang. Biasanya dilakukan oleh dokter hewan pada kucing tidak mau makan karena sakit yang tidak dapat mengunyah dan menelan makanan sedikit pun. Tube feeding ini juga sering dilakukan pada anak kucing yang tidak disusui induknya dan tidak dapat menyedot susu dari dot. Ini adalah cara terakhir untuk mengatasi kucing tidak mau makan jika 4 cara diatas gagal.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Designed by Johanes Djogan | Modify Doraemon by Cand Andrean