• Flu kucing adalah penyakit yang biasanya terjadi karena infeksi biasanya dikombinasikan dengan bakteri atau virus-virus lainnya. Penyakit kucing sering terjadi pada kucing, mau kucing dewasa ataupun anak kucing, walau kucing dewasa sistem kekebalan tubuhnya kuat, tetapi tidak dipungkiri untuk terserang penyakit flu. Flu kucing dapat dicegah dengan vaksinasin rutin. Flu kucing walau jarang membuat angka kematian, tetapi kondisi flu kucing sangat fatal bila terjadi kepada anak kucing. Kucing dewasapun akan terlihat jika terserang flu berkepanjangan, dari bersin-bersin, dan hidung basah itu gejala kecil yang terjadi terhadap kucing.

    Penularan flu kucing kepada kucing lain, seperti hal flu manusia, karena terjadi kontak langsung, air liur, cairan bersin. Kontak tidak langsung juga dapat menyebarkan flu kucing kepada kucing lain dari sentuhan manusia. Maka setelah memegang kucing, maka ada baiknya mencuci tangan sehingga tidak menyebar ke kucing lain yang akan disentuh. Masa inkubasi flu kucing bisa 3 minggu, artinya kucing tidak menunjukan gejala apapun dari penyakit ini, tetapi selama 3 minggu kucing menularkan penyakit kepada kucing lainnya.
    Tanda-tanda kucing terserang flu :

    1. Kucing mengalami bersin-bersin
    2. Demam
    3. Kurang nafsu makan
    4. Badan kucing melemah/lesu
    5. Batuk
    6. Mata memerah
    7. Keluar cairan dari hidung kucing
    8. Kucing mengalami sariawan
    9. Mata susah dibuka

    Gejala ini akan terlihat dalam 1 minggu, tetapi bila didiamkan maka gejala akan seperti semula dalam jangka 2-3 minggu. Dan flu kucing tidak seperti flu manusia atau flu burung. Flu kucing hanya dapat tertular dari antar kucing, artinya tidak akan menular pada manusia. Tetapi lebih baik manusia lebih jaga jarak dengan kucing karena bulunya yang dapat menyerang pernafasan.

    Cara penanganan terhadap flu kucing belum ada obatnya, tetapi flu yang kucing derita terjadi sistem kekebalan yang berkurang karena dingin, kehujanan atau kekurangan suplemen. Tetapi walau begitu jangan beri kucing obat yang dikonsumsi manusia atau suplemen manusia, itu sangat berbahaya. Bila penderita flu kucing langsung dibawa ke dokter, biasanya di berikan obat antibiotik pada kucing, dan penurun panas, dan obat melegakan pernafasan, dan penghilang lendir.
    Cara alami mencegah terjadinya flu kucing adalah :

    1. Beri madu 1×4 jam pada kucing
    2. Simpan kucingnya di tempat hangat
    3. Bila ingin lebih sehat dapat dibawa ke dokter hewan dengan rutin
    4. Beri asupan nutrisi pada kucing
    5. Beri vitamin dan mineral pada kucing
    6. Jangan sampai kehujanan atau tertinggal diluar rumah karena cuaca diluar sangat dingin bisa menurunkan sistem kekebalan kucing

    Biasanya kucing yang terserang flu dapat lebih baik jika sistem kekebalan tubuhnya baik. Dan untuk yang terserang flu kucing, dengan kondisi badan kucing yang membaik flu pun makin berkurang hingga akhirnya sembuh. Tetapi tidak sedikit kucing yang tidak memiliki perawatan sehingga mengalami flu kucing yang berkepanjangan biasanya hal ini terjadi kepada kucing liar. Vaksinasi kucing secara rutin tidak 100% melindungi kucing dari penyakit flu penyakit kucing lainnya, tetapi dengan vaksinasi dapat meningkatkan sistem kekebalan dan walaupun kucing terserang penyakit biasanya lebih cepat sembuh dan perlahan sehat kemba

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Designed by Johanes Djogan | Modify Doraemon by Cand Andrean