• Sekarang kita akan membahas tentang pertolongan pertama untuk kucing sakit yang melemah/lemas sebelum di bawa ke Veterinary (Dokter Hewan). Tapi, pertama-tama harus mengenali dulu kucing yang sakit. Tanda-tanda kucing sakit yang bisa menyebabkan kucing jadi lemas, yaitu:
    1. Muntah. Ketika seekor kucing muntah, kucing itu bisa langsung melemah, dan
    kalau ia muntah berulang-ulang, biasanya kucing itu kehilangan nafsu makan, yang juga bisa menyebabkan dia jadi lemas lebih parah lagi.
    2. Nafsu makan berkurang/hilang. Kucing yang nafsu makannya berkurang, bisa berbahaya. Kebutuhan energi kucing tidak akan terpenuhi kalau ia tidak makan sesuai dengan yang ia butuhkan.
    3. Suhu badan turun. Kucing yang suhu badannya turun, bisa berpotensi kena hipotermia.
    4. Mencret/Diare. Kucing yang kena diare sama kayak manusia, bisa kehilangan banyak cairan tubuh, yang nantinya bisa bikin jadi lemes.
    5. Cacingan/Kutuan yang sangat parah. Biasanya yang kayak gini cuma terjadi ama baby cat (kucing dibawah umur 2 bulan). Anak kucing yang kutuan/cacingan parah bisa jadi lemes.. Soalnya kutu menghisap darah si kucing menyebabkan anemia, sedangkan Cacing memakan sari-sari makanan di tubuh kucing yang di butuhkan si kucing untuk bertahan hidup. Apalagi dengan kecilnya tubuh si kucing yang masih baby, kemungkinan si kucing jadi lemas bisa terjadi.
    6. Dan masih banyak lagi tanda-tanda lainnya.

    Untuk pertolongan pertama, ada beberapa hal yang harus di siapkan:
    1. Syringe tanpa suntikan atau sendok teh/kecil. Gunanya untuk menyuapi si kucing. Jangan pakai sendok yang terlalu besar, nanti dinding mulut bagian atasnya bisa luka tergores sendok...
    2. Tissue atau kain lap. Gunanya macm-macam, salah satunya untuk mengelap mulut kucing yang sakit waktu kita suapi makanan.
    3. Handuk atau kain tebal. Gunanya untuk alas tidur si kucing biar hangat.
    4. Lampu pijar (max.15 watt supaya tidak kepanasan kucingnya). Gunanya untuk penghangat, di letakkan di dalam kandang bersama handuk/kain tebal.
    5. Mangkok. Mangkok digunakan untuk menaruh makanan yang akan kita suapi ke kucing
    Untuk makanan atau minuman atau bahan yang harus di siapkan untuk pertolongan pertama:
    1. Catmilk dari Vitacraft. Susu khusus kucing ini mengandung taurin dan beberapa nutrisi penting yang bisa kita kasih kalau kucing kita sakit dan melemas. Pemberiannya boleh di gunakan untuk Pertolongan Pertama, kemudian untuk selanjutnya si kucing di kasih makan dengan makanan kalau memang si kucing masih kehilangan nafsu makan. Biasanya kucing yang doyan susu, sangat suka sama Vitacraft catmilk.
    2. Bubur beras merah instant (bisa beli di supermarket/warung). Bubur ini bisa kita kasih, kalau ternyata makanan kering untuk di cairkan udah abis dan kalau tidak sempat ke petshop (karena petshop jauh, atau kucing masih baby (umur masih di bawah 1 bulan) dan bingung mau di kasih makan apa dulu. Pemberiannya boleh di campur dengan rebusan ikan yang di hancurkan (perbandingannya 2: 1, 2 bagian bubur beras merah di tambah 1 bagian daging yg di hancurkan) atau makanan kaleng khusus kucing, seperti prescription diet A/D atau whiskas kaleng khusus kitten.
    3. Gula merah dan garam. Untuk membuat oralit, menggunakan gula merah. Dan memang hasilnya bagus sekali. Kalau dari kandungan gizi, gula merah memiliki kandungan kalori yang jauh lebih banyak di bandingkan gula pasir biasa.
    4. Makanan kering. Nantinya makanan kering ini di cairkan dengan air hangat, kasih ke si kucing kalau makanan yang dicairkan sudah agak dingin. Jangan kasih makanan panas ke kucing!

    Ada beberapa cara yang disarankan :
    1. Oralit dan kuning telur. Jadi kucing yang lemas bisa di kasih Oralit (perbandingan 1:2, 1 sendok teh garam di campur 2 sendok teh gula merah, terus aduk sama air hangat-hangat kuku). Untuk kuning telur, usahakan berikan kuning telur yang udah matang. Caranya pisahkan kuning telur dan putihnya, kemudian taruh di dalam mangkuk, kukus kuning telur sampai matang. Suapin/cekokin kucing yg sakit dengan kuning telur dan oralit.
    2. Bubur beras merah.. Jadi kita beli bubur beras merah instant yang untuk bayi. Terus dicairkan dengan campuran air hangat. Kalau sekiranya masih panas, tunggu sampai dingin. Buat buburnya benar-benar encer, supaya lebih gampang nyekokinnya. Terus cekokin ke si kucing! Bisa juga bubur beras merahnya di campur dengan daging ikan yg di rebus atau makanan kaleng seperti di atas.
    3. Makanan kering. Cairkan makanan kering dengan air hangat. Kalau mau di cekokin ke kucing, usahakan makanan keringnya cukup cair supaya lebih mudah di telan. Kalau si kucing masih mau makan, makanan keringnya boleh di buat agak kental. Gunanya supaya si mpus mau makan aja sih... Soalnya semakin berkurang asupan makanannya, semakin lemas si kucing.
    Perhatian: Jangan berikan obat untuk manusia! Beberapa obat untuk manusia bisa berbahaya untuk kucing! Konsultasikan dulu dengan Dokter hewan terdekat sebelum memutuskan untuk memberikan obat tersebut.

    Setelah di kasih pertolongan pertama, Jangan lupa langsung bawa ke dokter hewan. Karena ini cuma pertolongan pertama supaya kucing bertahan sebelum di bawa ke dokter hewan... Selanjutnya, pengobatan bisa di peroleh dari dokter hewan.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Designed by Johanes Djogan | Modify Doraemon by Cand Andrean