• Kucing peliharaan dapat dengan cepat memiliki kedekatan yang erat dengan kita. Namun sifatnya ini dapat menjadi senjata makan tuan bagi si kucing, karena kucing menjadi cenderung mudah terkena separation anxiety (kecemasan pemisahan), yaitu semacam stress berlebihan ketika anda tidak di sampingnya.
    Kucing yang menderita separation anxiety cenderung mudah stress ketika sang majikan tidak ada di dekatnya. Namun hal ini sebenarnya bukan karena si kucing kehilangan anda, tetapi lebih karena and sudah mengubah rutinitas si kucing.
    Beberapa ras kucing, cenderung paling mudah terserang penyakit mental ini. Anak-anak kucing yatim piatu, anak kucing yang baru disapih, dan anak kucing yang dibeli dari petshop biasanya lebih rentan terkena penyakit ini.
    Gejala-gejala kucing menderita separation anxiety antara lain mengikuti anda terus selama di rumah, banyak mengeong, tidak mau makan, mencakar-cakar pintu, selalu melompat ke pangkuan anda jika ada kesempatan meski tidak anda panggil atau menghabiskan waktunya seharian untuk menjilati bulunya sendiri.
    Tanda-tanda lainnya antara lain buang kotoran atau pipis di dekat pintu yang sering anda lalui, dan atau di barang-barang yang biasa anda pakai seperti pakaian, sepatu, atau yang lainnya.
    Perhatikan kucing Anda untuk melihat tanda-tanda kecemasan dan lakukan langkah-langkah berikut untuk menjamin ketenangan pikirannya saat Anda tidak ada.
    • Ketahui tanda-tanda dari separation anxiety (kecemasan berpisah) pada kucing Anda. Seperti vokalisasi yang berkepanjangan, buang air kecil pada barang-barang pribadi Anda atau di dekat pintu depan.
    • Pastikan kebutuhan kucing Anda terpenuhi. Kucing lebih sensitif terhadap rutinitas yang mempengaruhi mereka, terutama rutinitas waktu makan. Jadilah sekonsisten mungkin dalam kebiasaan memberinya makan dan rutinitas lainnya.
    • Memberikan kesempatan untuk stimulasi. Pastikan kucing Anda memiliki banyak mainan yang menarik untuk dinikmati saat Anda pergi. Anda harus memiliki waktu bermain bersamanya ketika Anda di rumah, dengan demikian dapat menghilangkan frustrasi dan membantu kucing Anda menjaga keseimbangan emosionalnya.
    • Dokter hewan Anda mungkin juga dapat membantu Anda mengatasi masalah separation anxiety (kecemasan berpisah). Jika Anda sudah mencoba cara di atas dan tidak melihat hasil, dokter hewan Anda mungkin perlu untuk melihat lebih dekat, untuk menyingkirkan masalah kesehatan yang mendasar atau memberikan pengobatan tambahan untuk kegelisahan kucing Anda.

    Mungkin hal ini menjadi sebuah ironi. Di satu sisi kita mengharapkan kedekatan dengan kucing kita, tetapi ternyata kedekatan kita justru bisa membuat si kucing memiliki ketergantungan yang berlebihan terhadap kita.
    Semoga kucing Anda selalu senang dan sehat saat ia sendirian di rumah. Jangan lupa ketika Anda pulang berikan ia belaian atau hadiah, sehingga ia merasa lebih senang bersama Anda.


    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Designed by Johanes Djogan | Modify Doraemon by Cand Andrean